Laman

Kamis, 15 Oktober 2015

Super Komputer Tercepat di Dunia?

Super Komputer itu apa sih? Super Komputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan. Nah, agak ribet ya? Namun, memang komputer ini sangat berbeda dalam penggunaannya seperti komputer milik kita yang biasa untuk gaming, atau pekerjaan biasa. Super Komputer digunakan untuk melakukan tugas penghitungan yang intensif seperti untuk perkiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global,pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

Nah, sekarang, kita akan membahas SuperKomputer tercepat di dunia... Pertama kali di dalam benak saya, SuperKomputer tercepat masih si Titan SuperComputer. Namun saya salah. Karena Dunia yang terus berkembang, ternyata, sudah ada Super Komputer yang lebih canggih dari Titan yang bernama Tianhe 2. Keren ya namanya, dan sudah diketahui dari namanya, Jika ini Komputer buatan China. Karena China tidak mau kalah dengan Amerika Serikat dalam perkembangan teknologi.

Tianhe 2 merupakan perkembangan dari Tianhe 1-A. Sebenarnya, China sudah memulai proyek super komputer sejak tahun 2010. Namun karena hasil yang kurang memuaskan, China bekerja sama dengan National University of Defense Technology meluncurkan Tianhe 2. Ya! Kualitas Tianhe 2 melebihi Titan SuperComputer yang merupakan dambaan saya!

Kecepatan Tianhe 2 mencapai 33.86 petraflop! Sedangkan kecepatan Titan hanya 17.6 petraflop (Yang sudah termasuk sangat cepat!). Harga produksinya tentunya tidaklah murah ya  teman-teman!
Sekitar 2.9 Trilyun Rupiah!

Tianhe 2 membutuhkan listrik sekitar 24 MegaWatt, serta memiliki 3.1 Juta Octa-Core! Anggap aja kalo punya i7 dikalikan 3.1 juta, Kecepatan yang sungguh luar biasa! (Kalo ane punya komputer beginian, ane main GTA V, campur Sky Citizen, dan COD Black Ops aja deh). Dan masih dipersenjatai 32.000 chip multicore Intel Xeon Ivy Bridge (Generasi ketiga). Dan memiliki 48.000 Co-Processor Xeon Phi. Ini contoh Co-Processor Xeon Phi milik Intel


Penasaran kan sama Tianhe itu seperti apa? Ini fotonya!



Ini video tentang Tianhe-2 sekilas melewati video:



Demikian sekilas dari Tianhe-2

Josud Blogspot
-2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar